Tips Sehat Sambil Bekerja

Kesehatan adalah asset yang sangat berharga bagi setiap karyawan dalam melakukan aktivitas kerjanya mulai dari pagi hingga sore dan akhirnya pulang selamat ke rumah masing masing. Hidup sehat adalah kewajiban agar performa karyawan dalam bekerja makin maksimal. Kesibukan dalam dunia bisnis apalagi bagi karyawan kantoran terkadang melupakan akan pentingnya hidup sehat. Tips sehat untuk karyawan seperti makan tidak teratur, duduk tidak ergonomis, tidak makan bergizi dan jarang olahraga serta kurang istirahat seolah terlupakan oleh kesibukan lain.

Penyakit pun berdatangan bila kita dalam kesibukan yang luar biasa tetap melakukan hal-hal di atas. Seperti sakit perut dan masalah pencernaan, maag dan badan terasa kurang enak selalu. Kalau anda merasa termasuk dalam kebiasaan di atas. Di bawah ini adalah 4 tips sehat untuk karyawan yang harus selalu dilakukan setiap karyawan agar tetap sehat di tempat kerja:

  1. Minum 8 sampai 10 gelas air putih per hari.

Dawn Jackson, Ahli Diet dari the American Dietetic Association berkata bahwa “Minum air putih atau memakan buah buahan yang banyak mengandung air akan mencegah terjadinya dehidrasi/ kekurangan cairan tubuh saat bekerja. Atur secara berkala untuk minum misalnya pada 3 waktu, setelah makan siang, jam 3 sore dan jam 5 sore. Kebanyakan dehidrasi terjadi pada jam 3 sore. “

  1. Jaga jarak mata dengan monitor komputer anda.

University of California at Davis menyatakan bahwa mata yang terlalu dekat dengan komputer akan menyebabkan Mata Lelah yang berakibat pada sakit kepala, sulit fokus, dan meningkatkan sensitifitas pada cahaya

  1. Bersihkan peralatan kantor anda secara berkala.

Bersihkan keyboard, mouse, dan telepon dari kuman penyebab penyakit. Berdasarkan Penelitian dari Science Daily, American Society for Microbiology melaporkan bahwa: “Virus dapat bertahan selama berjam jam pada permukaan yang keras, jika virus semacam virus penyebab diare menempel pada telepon, maka penularannya akan lebih mudah.“ National Consumers League, USA Merekomendasikan penggunaan disinfektan yang aman sebagai cara efektif untuk membersihkan virus.

  1. Ambil liburan secara berkala.

Jonathan Kramer, Psikolog Klinis dan Presiden dari Business Psychology Consulting berkata: “Mengambil liburan secara berkala sangat penting seperti mengisi ulang kembali batere hidup Anda. Liburan dapat mengurangi stress dan mengistirahatkan pikiran dari kesibukan kerja terutama saat pikiran stress menghadapi masalah di kantor”

Beberapa tips sehat untuk karyawan di atas akan membantu anda dalam menjaga kebugaran. Jika anda mempraktekkan hidup sehat, maka performa di kantor akan terjaga tetap prima.