Tips dari Pendiri Alibaba tentang Karir Anda di Usia 20 sampai 60 Tahun

Tips dari Pendiri Alibaba tentang Karir Anda di Usia 20 sampai 60 Tahun 2Siapa sih diantara kalian yang tidak kenal dengan Jack Ma, pendiri perusahaan Alibaba?

Berikut cerita Jack Ma mengenai karir dalam sebuah talkshow di KBS TV

1. Sebelum usia 20 tahun

Pada saat anda menuntut ilmu di bangku sekolah, jadilah murid yang baik kepada guru dan dosen. Kerjakan dengan baik perintah mereka. Selain itu, carilah pengalaman sebanyak banyaknya sebelum usia 20 tahun.

2. Sebelum usia 30 tahun

Ketika anda lulus dari sebuah kampus, carilah pengalaman kerja di perusahaan kecil. Karena di perusahaan kecil anda akan belajar mengenai passion, semangat dan mimpi. Ketika anda bergabung dengan perusahaan besar anda akan belajar mengenai proses.

Jadi, sebelum usia 30, bukan perusahaan mana yang Anda tuju, tapi bos mana yang Anda ikuti” – Jack Ma

Selain itu, bos yang baik akan mengajarkan kepada anda cara berbeda untuk mengembangkan karir anda.

3. Antara usia 30 sampai 40 tahun

Tips dari Pendiri Alibaba tentang Karir Anda di Usia 20 sampai 60 Tahun 1

Pada saat usia tersebut, anda perlu memikirkan apakah anda ingin terus bekerja hingga pensiun atau ingin memulai sebuah usaha sendiri.

4. Usia 40 tahun sampai 50 tahun

Ketika anda pada usia ini, sebaiknya anda sudah mengetahui passion dan hal yang anda sudah kuasai. Fokus pada kedua hal itu untuk mencapai karir idaman. Anda sudah terlambat jika baru memulai untuk mengerjakan hal baru. Namun jika anda tetap ingin mengerjakan hal baru tersebut perlu usaha lebih keras untuk mewujudkannya.

5. Usia antara 50 hingga 60 tahun

Ketika anda sudah mencapai kesuksesan jangan lupakan peran anak muda yang akan menjadi penerus anda di masa mendatang. Berinvestasilah, kembangkan kemampuan anak muda dan pastikan mereka bekerja lebih baik daripada anda.

6. Usia diatas 60 tahun

Nikmatilah hasil dari apa yang anda kerjakan selama ini. Sudah terlambat jika anda ingin merubah sesuatu.

Saran dari Jack Ma: “Usia 25 tahun, buatlah kesalahan. Jangan khawatir! Anda jatuh, Anda bangkit, Anda jatuh lagi….nikmatilah! Anda baru 25 tahun, nikmati pertunjukannya!”

Keluarga menjadi hal yang paling disesali oleh Jack Ma. Seharusnya dia melindungi privasi keluarganya.

Saat ini Jack Ma mempekerjakan 4.000 anak muda untuk Alibaba dan bekerja untuk 500 juta orang. Jika 1% dari 500 juta orang tersebut adalah orang jahat, maka anda bekerja dengan 5 juta orang jahat. Hal itu cukup memusingkan bagi Jack Ma.

Tips dari Pendiri Alibaba tentang Karir Anda di Usia 20 sampai 60 Tahun

Tapi, saat ini sudah terlambat untuk menyesal, lupakan tentang penyesalan! Pikirkan, “Saya punya 10-20 tahun lagi”, nikmati pertunjukannya, nikmatilah perjalanannya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*