Tips Cari Kerja: Apa yang Perlu Dipakai ke Wawancara Kerja

Sebuah wawancara kerja adalah salah satu sumber stres. Apapun hasilnya, wawancara kerja selalu membuat jantung anda berdetak kencang dan keringat anda mengalir. Tips cari kerja untuk mengurangi stres dan menambah peluang mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan adalah dengan persiapan yang matang. Dengan persiapan yang matang, anda akan semakin percaya diri. Dan persiapan yang matang dimulai dari apa yang anda pakai.

Pewawancara akan menilai penampilan anda sebelum mendengar anda berbicara. Mereka mungkin akan menilai make up apa yang anda pakai, warna lipstik anda, sepatu apa yang anda pakai, dan lain-lain. Apalagi jika pekerjaan yang anda lamar berhubungan dengan menjalin relasi bisnis dengan orang lain seperti posisi account executive atau public relations. Berikut adalah tips apa yang harus anda pakai di wawancara kerja.

 

 

  • Samakan gaya pakaian anda dengan atmosfir perusahaan. Anda tidak harus selalu mengenakan setelan jas untuk semua wawancara kerja. Jika anda mengenakan pakaian super formal ke wawancara kerja perusahaan kreatif yang berisi anak-anak muda, maka anda akan dipandang sebagai orang yang kolot dan tidak kreatif. Sebelum anda berjalan ke ruang wawancara, anda harus melakukan riset latar belakang tempat yang anda lamar, termasuk gaya berbusana pegawainya. Jika perusahaan yang anda daftarkan memiliki gaya berbusana santai, jangan langsung mengikuti gaya berpakaian santai a la perusahaan mereka, namun cobalah berpakaian kasual namun tetap rapi. Jangan sampai pakaian yang anda pakai kusut, karena itu akan menandakan kemalasan.

 

 

 

  • Bawalah tas kantor. Briefcase atau handbag akan memberikan kesan professional sekaligus menyimpan berbagai hal mulai dari dompet sampai notes anda. handbag berbahan kulit akan semakin memberikan kesan professional dan dewasa. Bagi para pria, membawa briefcase atau messenger bag dapat menjadi pilihan.
  • Berjalanlah dengan percaya diri. Pakailah sepatu yang memiliki heel, heel bagi wanita ibarat memberikan suntikan kepercayaan diri. Namun, pastikan sepatu yang anda pakai nyaman dan tidak membuat anda kesulitan berjalan. Hindari menggunakan sepatu yang menunjukkan jari kaki anda, heel yang sangat tipis, atau ankle straps kecuali anda baru pulang dari pesta semalam suntuk. Bagi pria, sepatu kulit wajib mengkilap dan memiliki tali untuk memberikan kesan formal.