Memilih Pendidikan Untuk Menunjang Karir

Pendidikan sangat penting untuk perkembangan karir. Banyak orang yang memilih karir berdasarkan pendidikan yang dimiliki, meskipun juga ada yang berpikir sebaliknya. Jika anda tidak puas dengan pekerjaan yang anda miliki dan ingin mendapatkan pekerjaan baru, maka anda harus mempersiapkan diri untuk masa depan anda. Pendidikan tetap memegang peran penting dalam karir anda. Pendidikan penting untuk meningkatkan kemampuan personal dan professional anda.

Bagaimana memilih pendidikan yang sesuai dengan karir anda? berikut adalah beberapa tips untuk mengubah pendidikan tinggi anda menjadi sesuai dengan pekerjaan anda.

Banyak orang yang percaya bahwa semakin tinggi pendidikan berarti peningkatan karir yang mudah. Meskipun di Indonesia banyak orang yang memiiki pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusannya, namun tetap ada jurusan yang lebih dihargai dibandingkan yang lain misalnya teknik atau ekonomi. Begitu pula dengan gelar master atau doktor, banyak perusahaan yang lebih memilih orang yang memiliki skill yang dibutuhkan dibandingkan gelar yang lebih tinggi.

Diperkirakan di masa depan, permintaan untuk jurusan psikologi akan meningkat tinggi. Ini disebabkan karena perusahaan membutuhkan orang dengan ilmu psikologi untuk bekerja sebagai perekrut orang. Orang dengan pendidikan psikologi memiliki ilmu untuk mengidentifikasi kemampuan mental seseorang, sekaligus menilai potensi seseorang. Hal inilah yang menjadikan pendidikan psikologi memiliki pilihan karir yang banyak.

Mengikuti tren sosial politik menjadi penting untuk memetakan karir anda di masa depan. Kebijakan pemerintah bisa sangat mempengaruhi perjalanan karir anda, perhatikanlah hal-hal seperti harga minyak, kebijakan asuransi, dan lain-lain sebelum anda memutuskan untuk berpindah pekerjaan atau berhenti.

Pendidikan tinggi bersifat mengkerucut dan sangat spesifik, hal ini akan membuat kita sangat ahli teradap suatu bidang, namun membatasi pengetahuan kita di bidang lain. Padahal, perusahaan cenderung memilih pegawai yang memiliki pengetahuan yang luas. Kekurangan ini bisa kita siasati dengan mengikuti pelatihan. Sangat sedikit institusi pendidikan yang secara resmi melatih soft skill dan pelatihan interdisipliner dalam program pendidikannya, padahal hal tersebut berguna bagi lulusannya agar mereka mampu menjalankan tugas yang dibebankan oleh perusahaan.

Selain pendidikan formal, hal yang paling penting dalam mengembangkan karir adalah bagaimana kita dapat belajar untuk bekerja secara efektif di berbagai hal baru, bekerja dengan orang lain dan beradaptasi dengan keadaan baru. Pendidikan formal jarang memberikan pelatihan tersebut dan anda harus membiasakan diri dengan hal-hal itu jika anda ingin meningkatkan performa karir anda.

Memilih karir yang sesuai dengan passion dan kemampuan kita memang sulit, semoga beberapa tips di atas akan membantu anda menjalani karir anda dengan produktif.