Ingin Kesempatan Magang jadi Lebih Bernilai untuk Karirmu? Perhatikan 7 Hal ini.

Ingin Kesempatan Magang jadi Lebih Bernilai untuk Karirmu Perhatikan 7 Hal ini

Magang biasanya dilakukan karena tuntutan kampus sebelum masuk dunia kerja yang sebenarnya. Banyak mahasiswa terpaksa melaksanakan magang. Tetapi magang juga bisa menjadikanmu sebuah batu loncatan untuk meraih karir cemerlang. Berikut ini beberapa cara menjadi karyawan magang sukses.

  1. Ambil inisiatif dan tunjukkan keahlianmu
    Meskipun kamu akan bekerja lebih giat, kamu akan mendapatkan perhatian dari pembimbing/atasanmu sehingga kamu dilirik oleh atasan untuk diterima di perusahaan tersebut. Selain itu kamu juga bisa menghindar dari pekerjaan yang kurang mendukung karirmu berikutnya.
  2. Fokus pada pekerjaan
    Ketika jam istirat biasanya kamu mengisi waktu dengan memainkan gadget atau hanya sekedar ngobrol dengan lainnya. Namun jangan lupa untuk kembali fokus ke pekerjaan saat jam istirahat sudah usai.
  3. Minta evaluasi setiap pekerjaanmu
    Evaluasi dari atasan sangat diperlukan untuk peningkatan kualitas kita dalah hal pekerjaan. Selain itu bisa juga untuk mendekatkan kedekatan antara atasan dengan bawahan.
  4. Cari mentor dan bertemu dengannya secara teratur
    Mentor sangat diperlukan untuk mengembangkan karir kamu. Selain sebagai pembimbing dalam pekerjaan, mentor juga bisa menjadi sahabat terbaik ketika kamu menemukan kebingungan.
  5. Mengajukan banyak pertanyaan
    Pertanyaan-pertanyaan tentang pekerjaan kamu sekarang bisa membuat kamu lebih paham danĀ akan mengurangi kesalahan yang kamu perbuat. Tetapi diusahakan jangan mengulangi pertanyaan sama karena hal itu membuktikan bahwa kamu tidak belajar dari kesalahan sebelumnya.
  6. Pelajari organisasi/perusahaan sedetail mungkin
    Dengan mempelajari karakter oraganisasi/perusahaan secara mendetail, kamu akan lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. Selain itu kamu juga bisa memberikan rekomendasi berdasarkan pengetahuan yang sudah kamu miliki.
  7. Banyak mencatat
    Banyak pengalaman baru saat magang lalu catat hal-hal penting yang bisa dipelajari untuk membuat karirmu semakin meningkat.
  8. Disiplin waktu
    Tunjukkan sikap profesionalisme kerja dengan datang tepat waktu. Kamu bisa bercerita dengan karyawan lain sebelum mereka sibuk dengan pekerjaan.
  9. Bersiap untuk mempelajari hal baru
    Wajar ketika kamu merasa tidak kompeten ketika mengawali pekerjaan di tempat magang. Magang merupakan tempat untuk mendapatkan pengalaman baru. Jangan merasa minder dengan karyawan profesional, bersosialisasilah dengan mereka untuk mendapatkan pengalaman baru.
  10. Tunjukan rasa hormat kepada semua orang.
    Hormati semua orang ditempatmu bekerja mulai dari CEO hingga petugas kebersihan. Atasan biasanya mempekerjakan mereka yang merasa cocok dengan orang-orang di dalam organisasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*