Hei Mahasiswa! Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Kelulusanmu

Hei Mahasiswa! Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Kelulusanmu

Moment wisuda yang sudah ditunggu seluruh mahasiswa sebagai tanda berakhirnya masa studi di sebuah perguruan tinggi dapat memunculkan rasa bangga. Selain itu, rasa khawatir setelah melakukan prosesi wisuda juga menyertaimu.

Berikut beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan sebelum kelulusan.

  1. Perguruan tinggi tidak selalu mendukung kesuksesanmu
    Kesuksesan ditentukan oleh dirimu sendiri. Kamu menentukan bahagiamu sendiri. Perguruan tinggi hanya memfasilitasi kamu untuk berkembang. Kamu perlu berani mengejar kesuksesanmu tanpa melibatkan perguruan tinggi
  2. Gelar tinggi bukan jaminan penghasilan tinggi
    Adakah yang bisa menjamin bahwa mempunyai gelar tinggi pasti mendapatkan penghasilan tinggi? Contoh nyatanya adalah alm. Steve Jobs melalui perusahaan Apple-nya. Saat ini banyak platform online bisa digunakan untuk mendapatkan pelajaran atau pelatihan seperti di perguruan tinggi

    Selain itu data menunjukkan bahwa angka pengangguran cukup tinggi berasal dari perguruan tinggi.

  3. Melupakan sebagian pembelajaran di bangku kuliah
    Sistem akademik di bangku perkuliahan saat ini cenderung ingin membuat pekerja yang taat dan patuh. Hal tersebut dapat terjadi karena kebanyakan industri pabrik di Indonesia membutuhkan tenaga kerja yang taat dan patuh.

    Seiring perkembangan teknologi, jenis pekerjaan sudah semakin beragam dan inovatif. Saat ini banyak bermunculan frelance dengan inovasi dan ide menarik untuk dikembangkan. Kedepannya, dunia bisnis membutuhkan tenaga profesional dengan segala ide menarik untuk diimplementasikan di perusahaannya.

  4. Menjadi inovator dan kamu bisa berkompetisi sendirian
    Jika masa depan membutuhkan passion, seni dan inovasi, maka kamu juga perlu membandingkan diri dan bersaing dengan orang lain. Inovasi akan membuat jalan tersendiri yang belum dijelajah oleh orang lain sehingga bisa menciptakan dan melakukan pekerjaan yang orang lain tidak bisa lakukan.
  5. Pilihanmu sekrang menentukan sisa hidupmu
    Seperti yang sudah diposting sebelumnya mengenai Jack Ma, pendiri Alibaba Group, usia 20an adalah usia untuk memilih jalan hidupmu sendiri. Ketika berada di usia 30an kamu akan lebih sulit untuk menentukan pilihanmu seperti saat ini dan kamu juga akan membutuhkan usaha lebih untuk memulai suatu hal baru.

One thought on “Hei Mahasiswa! Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Kelulusanmu

  1. Tulisan ini mengingatkan akan persaingan diluar bangku perkuliahan.
    Ternyata banyak yang harus dipersiapkan selain selembar ijazah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*