Hal Penting yang Harus Kamu Perhatikan untuk Persiapan Karir

Sudahkah anda mempersiapkan diri untuk mencari kerja atau berpindah pekerjaan? Persiapan karir sama pentingnya dengan persiapan ketika anda akan membuka sebuah bisnis. Segala persiapan untuk mencari lowongan pekerjaan harus dimulai dari diri sendiri. Jika anda berencana untuk berpindah kerja, mantapkanlah hati anda sebelum keluar dari pekerjaan anda. Jangan sampai anda mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan anda, yang akan menimbulkan. Bagaimana anda dapat mempersiapkan diri untuk cari kerja? Berikut beberapa tipsnya:

1. Melakukan evaluasi diri

Sebelum memutuskan untuk cari kerja atau bekerja di perusahaan baru, Anda harus melakukan evaluasi diri dahulu. Anda harus menilai keterampilan yang dimiliki untuk menunjang karier yang lebih baik lagi. Cari tahu sejauh mana kemampuan Anda dalam menjalankan tugas dengan baik. Dengan begitu, Anda tak akan salah memilih jenis pekerjaan atau perusahaan baru nantinya.

2. Menggali kemampuan

Jika pekerjaan anda tidak meningkatkan kemampuan anda (seperti manajerial, kemampuan analisis, dll.) maka anda membuat keputusan tepat jika ingin mencari pekerjaan baru. Namun jika tidak, sebaiknya jangan bergelut dengan tugas yang itu-itu saja, anda harus menggali kemampuan untuk mengasah keterampilan yang lain. Dengan begitu, pada saat keluar Anda akan memiliki berbagai kemampuan sehingga bisa menguntungkan diri sendiri nantinya.

3. Mengikuti pelatihan tambahan

Satu hal yang paling penting dalam persiapan karir anda adalah anda perlu menjembatani antara karier lama anda dengan karier baru. Jika anda berniat pindah bidang pekerjaan, anda harus catch up skill anda sebelum beralih ke karier yang baru. Banyak kursus-kursus singkat yang mampu membekali anda dengan kemampuan yang dibutuhkan di pekerjaan baru anda. Dengan memiliki kemampuan tambahan, anda tidak akan kaget ketika setelah bekerja di tempat baru.

4. Mencari info tentang karier baru

Hal yang terpenting dalam persiapan karir adalah mencari info tentang karier itu sendiri. Banyak situs lowongan pekerjaan tersedia di Internet yang bisa anda manfaatkan. Anda harus mencari tahu informasi sebanyak mungkin mengenai pilihan karier baru, tak ada salahnya bertanya dengan orang yang sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang tersebut. Anda harus menyadari prospek masa depan di karier baru yang telah dipilih. Cobalah untuk mengetahui pro dan kontra dari pilihan karier baru sehingga akan membantu Anda dalam membuat pilihan karier yang realistis.

5. Menyiapkan mental

Untuk memulai karier baru bisa dikatakan seperti memulai karier dari awal. Anda akan beradaptasi lagi dengan rekan kerja, jenis pekerjaan, dan lain sebagainya. Untuk itu, siapkanlah mental dengan baik. Selain itu, yakinkan juga pada diri Anda bahwa pilihan tersebut merupakan cara terbaik untuk meraih impian atau mendapatkan karier yang lebih baik lagi. Tetap tenang dan cobalah berangkat kerja dengan perasaan bahagia, bisa dengan sarapan yang enak, menghindari macet, atau liburan di akhir pekan untuk menjaga anda tetap semangat dan positif.

Beberapa tips diatas penting untuk anda ikuti sebelum cari kerja atau untuk persiapan karir anda. Jangan sampai di pekerjaan selanjutnya anda malah tidak berkembang dan tidak bahagia karena persiapan anda kurang. Semoga sukses!