Hal penting dalam membuat CV yang baik

Bagaimana caranya agar Curriculum Vitae kita mampu menonjol dibandingkan dengan ratusan CV lain saat sedang melamar kerja? Apa saja yang harus kita tulis? Bagaimana kita bisa menyusun CV yang baik? Berikut akan kami bagikan tips menyusun CV yang baik dan tertata rapi agar CV anda mampu menarik perhatian perusahaan yang anda daftar..

Tips menyusun CV yang pertama adalah menggunakan font standar agar mudah dibaca. Seorang Human Resource akan memilih CV yang mudah dibaca dan sesuai dengan format standar perusahaan mereka, hal itu akan diutamakan sebelum melihat kualifikasi dan pengalaman anda. Gunakanlah font formal seperti Times New Roman, atau Georgia karena font tersebut mudah dibaca. Gunakan juga ukuran font sebesar 10-12 point. Font Serif yang terkadang juga diterima oleh beberapa perusahaan antara lain Ariel atau Tahoma. Jangan gunakan bermacam-macam font dan format kecuali anda mendaftar untuk posisi kreatif seperti desain grafis, dimana anda memang dituntut untuk menunjukkan kreatifitas anda.

Tips menyusun CV yang baik lainnya adalah menempatkan poin-poin penting di bagian atas dari CV anda. Asumsinya adalah, manajer HR akan membaca cepat atau skimming ratusan CV yang ada dan hanya akan membaca setengah bagian atas dari CV seperti anda membaca headline surat kabar. Beri porsi besar kepada skill dan pengalaman anda yang relevan dengan posisi dan perusahaan yang anda incar, detail lain bisa anda tambahkan di bawahnya. Contoh CV yang baik akan menempatkan info kontak, ringkasan kualifikasi anda, pengalaman bekerja yang relevan dengan bidang yang anda daftarkan, dan pendidikan & penghargaan yang anda miliki.

Bagaimana jika kita ingin memoles CV kita yang memiliki kualifikasi yang hampir mirip dengan kandidat lain? anda dapat stand out dengan cara membuat CV anda menjadi personal. Jangan gunakan istilah umum seperti “Pengalaman Kerja”, ubah menjadi “pengalaman perencanaan event”, atau “pengalaman editorial”, atau apapun sesuai dengan kemampuan yang anda miliki dan pekerjaan yang anda incar. Jika CV anda memiliki keyword, itu akan sangat membantu dalam branding CV anda. Atau jika anda ingin memiliki satu bidang pengalaman yang terpisah dari pengalaman kerja anda secara keseluruhan, misalnya di bidang event organizing, anda bisa membuat kolom pengalaman bekerja event organizing sendiri.

Tips membuat CV yang terakhir adalah anda harus mengupdate CV anda. Bukan hanya jika anda ingin menambahkan pengalaman atau pendidikan baru, namun juga harus selalu anda pantau jika ada kesalahan penulisan atau format, jika anda menulis dalam bahasa Inggris, pastikan tidak ada kesalahan grammar. Meskipun anda telah menghabiskan berjam-jam untuk membuat CV, namun seorang manajer akan memilih yang mudah dibaca dan sesuai dengan kualifikasi perusahaan.

CV anda seharusnya fokus pada pencapaian yang anda pakai dibandingkan dengan pekerjaan yang anda lakukan setiap harinya. Perbedaan yang mencolok adalah penggunaan kata kerja aktif seperti “mengatur”, “membuat”, “membantu”, dll. dibandingkan dengan kalimat-kalimat pencapaian. Bandingkan dua kalimat berikut: “Mengkoordinir press release” dengan “Membuat press release dan pameran foto dengan stasiun TV Nasional”. perbedaannya adalah kalimat pertama hanya berkata apa yang anda lakukan, dan kalimat kedua adalah impact apa yang anda berikan. Anda harus menghindari kata-kata klise yang terlalu sering dipakai seperti “think outside the box”, atau “synergy”.

CV anda juga harus mencakup bagaimana passion anda untuk membuat anda berbeda dengan orang yang memiliki pengalaman kerja yang hampir sama dengan anda. Cara yang bisa anda lakukan adalah memasukan “pengalaman kerja sosial”, atau menambahkan interest dalam bagian “skill” anda.

CV anda belum lengkap tanpa Cover Letter atau Application Letter. Jangan meremehkan Cover Letter dengan kalimat seperti “pengalamankulah yang terpenting”, atau “semua kualifikasi saya sudah tercantum di CV”. Cover Letter anda adalah tempat untuk memperkenalkan diri anda sebagai seorang manusia, dan bukan berisi daftar kemampuan anda.

Jika anda sudah lolos tahap seleksi skimming tadi, sekarang saatnya kepribadian anda yang akan dinilai. Ceritakanlah pengalaman anda dengan menarik dan tunjukkan bahwa anda memiliki wawasan yang luas, dengan tetap mempertahankan kesan professional.