Cara Cepat Cari Kerja di Tahun Baru

Selamat Tahun Baru! Sudah puaskah kamu dengan liburan panjang di pantai-pantai indah Lombok atau Bali? Sekarang saatnya kembali mengecek dompet anda, apakah anda punya cadangan uang untuk hidup sampai gaji bulan Januari turun? Tahun baru adalah saat dimana banyak orang memasang target baru dalam pekerjaan maupun hidupnya secara keseluruhan. Apa target karir anda di tahun ini? naik pangkat, atau cari kerja?

Jika anda termasuk dalam orang yang akan mencari pekerjaan baru, percayalah bahwa anda tidak sendirian dan akan banyak mendapat persaingan dari banyak orang. Perusahaan juga akan banyak membuka lowongan pekerjaan 2015. Bagaimana anda bisa menang & mendapatkan pekerjaan hanya dalam waktu sebulan? berikut beberapa tips cari kerja yang dapat anda ikuti.

Pertama adalah, lupakan kegagalan-kegagalan anda di masa lalu. Anda baru saja pulang liburan, mengapa harus merusak mood dengan memikirkan kegagalan interview di perusahaan yang anda inginkan? Pikirkanlah hal-hal positif seperti bagaimana anda mampu memimpin sebuah project semasa anda kuliah dulu. Pikiran yang negatif akan memunculkan sikap yang sinis dan mudah menyerah sebelum mencoba, anda tentu tidak ingin terlihat sebagai orang yang sinis saat interview bukan?

Masih merasa tidak PD cari kerja? ikuti kursus-kursus soft skill untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan kepercayaan diri anda. Pekerjaan yang anda inginkan menggunakan software yang tidak anda ketahui? belajarlah! Teruslah maju untuk mendapatkan atmosfir yang akan membantu anda mendapatkan pekerjaan yang anda inginkan.

Kedua, identifikasi kelebihan-kelebihan anda. Jangan memaksakan diri jika pekerjaan yang anda inginkan memiliki ketentuan yang tidak anda punya seperti misalnya pengalaman mengurus kasus-kasus hukum. Mindset anda harus disetel seperti ini “perbedaan apa yang bisa anda berikan ke pekerjaan ini dibandingkan orang lain. Kebahagiaan anda juga harus masuk dalam hitungan. Bagi anda yang sudah memiliki pengalaman kerja, anda akan dapat membedakan pekerjaan mana yang akan membuat anda betah dan mana yang tidak. Jika belum, anda bisa menghubungkan pekerjaan yang anda cari dengan hobi atau hal-hal yang anda suka. Sudahkah anda menemukan yang anda inginkan di lowongan pekerjaan 2015?

Ketiga adalah mempersiapkan interview. Jangan takut untuk melakukan hal yang berbeda. Ini adalah saat dimana anda bisa menunjukkan diri anda dengan orang yang nantinya akan menjadi senior dan bos anda. Jadilah diri sendiri, dan gunakan apa yang telah anda pelajari sebelumnya. terakhir, pastikan bahwa anda telah memberikan yang terbaik saat meninggalkan ruang wawancara.

Terakhir, jika anda pikir setelah tes wawancara kemarin anda bisa bersantai maka anda salah besar. Anda memang tidak dapat melakukan apa-apa untuk pekerjaan yang anda lamar selain berdoa, namun siapa tahu perusahaan anda sedang melakukan pencarian tentang anda di media sosial.  Di era yang serba digital ini, cari kerja menjadi lebih mudah, manfaatkanlah platform-platform yang ada agar anda lah yang dicari oleh perusahaan-perusahaan. Gunakan situs networking professional untuk membuat nama anda terlihat. Pastikan juga foto-foto pribadi anda yang “liar” tidak bisa dilihat umum, mungkin saja bos anda akan mengira anda all play no work. Banyak perusahaan yang sudah aktif menggunakan media sosial untuk membangun brand mereka, jadi mengapa anda tidak membagun brand pribadi yang baik dan menarik?

Semoga beberapa tips di atas berguna untuk anda cari kerja. Jangan sia-siakan liburan anda yang sejatinya adalah untuk merefresh diri anda agar anda siap bertarung di arena lowongan pekerjaan 2015 ini. Selamat mencari kerja!