Bagaimana Cara Pendelegasian Kerja yang Tepat?

Bagaimana Cara Pendelegasian Kerja yang TepatKadang anda sebagai atasan memilih untuk mengerjakan sendiri sebuah pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh bawahan. Banyak alasan sering dilontarkan oleh atasan, antara lain “bawahan saya tidak dapat bekerja sesuai dengan keinginan saya”, “para bawahan terlalu sibuk dan mengeluh ketika diberi tambahan pekerjaan” dan alasan lainnya.

Semakin berkembangnya organisasi maka dibutuhkan adanya sistem kerja yang jelas sehingga tidak menimbulkan tumpang tindih pekerjaan antara pekerja satu dengan lainnya.

Dalam penerapan sistem kerja yang baik, perlu adanya sebuah pendelegasian pekerjaan. Beberapa tips agar pendelegasian pekerjaan tepat sasaran.

1. Kenali bawahan atau orang-orang anda

Bangun komunikasi antara anda dengan karyawan anda agar tercipta suasana yang akrab dan mampu mengenali lebih dalam tentang skillĀ karyawan anda.

2. Delegasikan, jangan hanya melimpahkan

Ketika mendelegasikan pekerjaan, pantau proses yang terjadi pada saat karyawan mengerjakan suatu pekerjaan.

3. Delegasikan tugas yang penting

Pendelegasian tugas yang mudah kurang penting tidak memberikan pembelajaran bagi para karyawan. Berikanlah tugas penting agar mereka berkembang.

4. Jelas dalam memberi tugas

Sampaikan tugas yang akan dikerjakan oleh karyawan secara mendetail di awal untuk mengurangi kesalahan-kesalahan mendasar.

5. Delegasikan sasarannya bukan prosesnya

Berikanlah sasaran yang harus dicapai, biarkan karyawan anda mengeksplor cara untuk mencapai sasaran tersebut.

6. Percayailah bawahan anda

Kepercayaan atasan terhadap bawahan perlu dijaga agar tidak ada perasaan khawatir yang muncul.

7. Mintalah penyelesaiannya bukan permasalahannya

Jika kita terlalu fokus pada permasalahan, kita akan lupa terhadap cara menyelesaikan dan masalah tersebut akan berlarut. Mintalah kepada mereka saran dan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

8. Berikan pujian, tampunglah kesalahan

Ketika anda sudah mendelegasikan sebuah pekerjaan dan diselesaikan dengan baik oleh bawahan maka anda sebagai atasan sebaiknya memberikan pujian atas hasil kerja, hal itu akan menambah motivasi bawahan anda. Namun apabila ada kesalahan berikan saran perbaikan bukan sebuah kritik atau keluhan.

9. Kembangkan karyawan anda

Tidak banyak karyawan yang berprestasi sesuai dengan kemampuan mereka. Berilah dorongan untuk mereka agar bisa belajar dan mengembangkan diri dengan mengikuti seminar, pelatihan dan melaksanakan manajemen waktu dengan baik.

10. Jangan selalu mendelegasikan pada karyawan yang paling mampu

Pendelegasian karyawan merupakan salah satu cara untuk berkembang, berikanlah kesempatan kepada karyawan dengan performa biasa saja untuk mengerjakan suatu pekerjaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*