Apa yang Membentuk Seorang Pemimpin Hebat?

Apa yang Membentuk Seorang Pemimpin HebatMau atau tidak, keadaan dunia menuntut kita untuk menjadi seorang pemimpin. Persaingan untuk menjadi top level dalam sebuah organisasi juga sangat ketat. Lalu, bagaimana cara untuk menjadi seorang pemimpin hebat dan inspiratif bagi pengikut?

Berikut faktor yang mempengaruhi anda untuk bisa menjadi seorang pemimpin hebat

1. Gen pemimpin

Sebuah gen bernama dopamine transporter gene DAT1 adalah salah satu gen yang bisa mempengaruhi cara anda memimpin dari sekian banyak faktor untuk menjadi pemimpin hebat.

Gen tersebut muncul pada faktor yang mempengaruhi kepemimpinan anda berdasarkan sebuah penelitian dari  Kansas State University

Gen tersebut bisa mengontrol sistem reward dan motivasi pada otak kita. Pemimpin dengan gen ini akan mempunyai kebiasaan untuk melanggar aturan dalam taraf ringan.

Diperlukan adanya seseorang yang menjadi penyeimbang ketika orang dengan gen ini menjadi pemimpin.

2. Efek tantangan

Tantangan yang ditimbulkan oleh suasana kerja membuat seseorang menjadi lebih pintar, kenapa bisa seperti itu? Karena ketika kita bekerja otak akan kembali memperbarui sel yang telah rusak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa para profesional yang mempunyai pengalaman bekerja pada level tinggi akan lebih mampu menggunakan verbal intelligent dan peningkatan kemampuan berfikir secara signifikan.

Selain anda mampu menantang diri anda, dibutuhkan pula kecerdasan emosional agar menjadi pribadi yang memiliki empati dan menjadi pemimpin yang inspiratif.

3. Atur emosi

Menjadi seorang pemimpin yang mempunyai kecerdasan emosional itu artinya anda mampu untuk mengatur suasana hati dan mampu berfikir secara rasional.

Sebuah studi dari University of Florida Institute of Food and Agricultural Sciences yang menggabungkan diet, olahraga dan kecerdasan emosional mengatakan bahwa kecerdasan emosional adalah tentang mengetahui dirinya sendiri dan menggunakan kepeduliannya untuk orang lain.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur merupakan dua metode untuk mengembangkan dan menyeimbangkan kecerdasan emosional.

“Jika kita tidak peduli terhadap diri sendiri, bagaimana bisa anda mengharapkan orang lain ntuk mempercayai ide besar anda?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*